PENGARUH IKLIM KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

ABSTRACT

 

PENGARUH IKLIM KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

 

 

Oleh

HILAL FITRIA

 

Kinerja merupakan hasil kerja aktual yang dilakukan oleh individu untuk mencapai tujuan organisasi juga sebagai penilaian terhadap hasil kerja sumber daya manusia dengan cara membandingkan hasil kerja dengan standar kerja yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi awal, dapat diidentifikasi yang masalah yang  terlihat  pada  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Lampung Tengah antara lain iklim kerja yang kurang harmonis, komunikasi interpersonal antar pegawai masih belum optimal, dan rendahnya kinerja pegawai yang ditunjukkan oleh hasil penilaian kinerja pegawai yang mengalami penurunan selama  tiga  tahun  terakhir.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui pengaruh iklim kerja dan komunikasi interpersonal secara parsial dan simultan terhadap  kinerja pegawai Pada  Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan  Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang pegawai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Iklim kerja terhadap Kinerja pegawai, dibuktikan thitung 4.813 > ttabel  1,669. Terdapat pengaruh Komunikasi interpersonal terhadap Kinerja pegawai, dibuktikan thitung 5.933 > ttabel

1,669.  Terdapat  pengaruh  Iklim  kerja  dan  Komunikasi  interpersonal  secara

bersama-sama terhadap Kinerja pegawai, dibuktikan Fhitung  408,6 > Ftabel  3,14. Kontribusi Iklim kerja dan Komunikasi interpersonal sebesar 91,6% dan sisanya

8,4% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved