PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA PABEAN B BANDAR LAMPUNG


2024

CANDERA SUTANTO



ABSTRAK

 

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA CUKAI (KPPBC)

TIPE MADYA PABEAN B BANDAR LAMPUNG

 

Oleh Candera Sutanto

Situasi persaingan jasa pelayanan baik instansi pemerintah maupun swasta pada saat ini sangat ketat. Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan dan sarana prasarana menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan yang memunculkan stigma positif atau kepuasan masyarakat di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung. Namun pada dasarnya kualitas pelayanan yang baik tidak cukup hanya dicapai, tetapi juga dipelihara dan dipertahankan mengingat adanya pergeseran kebutuhan, harapan, dan keinginan masyarakat dan berbagai pihak yang berkepentingan. Untuk itu, rumah sakit sebagai industri jasa kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 84 responden penelitian.

 

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 95,5%. Terdapat pengaruh sarana prasarana (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 98,7%. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 97,6%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved