PENGARUH FASILITAS LAYANAN, KOMPETENSI PETUGAS DAN SISTEM PELAPORAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNA LAYANAN DINAS P3AP2KB (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA) KABUPATEN PRINGSEWU


2024

ASRI DWIJAYANTI



ABSTRAK

 

 

PENGARUH FASILITAS LAYANAN, KOMPETENSI PETUGAS DAN SISTEM PELAPORAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNA LAYANAN DINAS P3AP2KB (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA) KABUPATEN PRINGSEWU

 

 

 

Oleh

 

 

Asri Dwijayanti

 

 

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Observasi menunjukkan bahwa fasilitas dan kompetensi pegawai masih perlu ditingkatkan, dan kekurangan sumber daya manusia menghambat efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh fasilitas layanan, kompetensi petugas, dan sistem pelaporan terhadap kepuasan pengguna layanan Dinas P3AP2KB, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan guna mencapai tujuan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang lebih baik.

Penelitian ini dilaksanakan di Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu dari tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2024, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini yang berjumlah 36 orang, dengan 35 responden sebagai sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi Fasilitas Layanan (X1), Kompetensi Petugas (X2), dan Sistem Pelaporan (X3), sementara variabel terikat adalah Kepuasan Pengguna Layanan (Y).

Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan di Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu, dapat disimpulkan bahwa: (1) Fasilitas Layanan berpengaruh sebesar 59,5% terhadap Kepuasan Pengguna Layanan; (2) Kompetensi Petugas berpengaruh sebesar 61,2%; (3) Sistem Pelaporan berpengaruh sebesar 63,9%; dan (4) Fasilitas Layanan dan Kompetensi Petugas secara simultan berpengaruh sebesar 60,5% terhadap Kepuasan Pengguna Layanan..


©2024 Repository Saburai. All rights reserved