Kemampuan Tekanan Dinamo Pompa Bahan Bakar Terhadap Konsumsi
Bahan Bakar, Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Yamaha Vega Force
115cc Tahun 2015
Oleh : Filipus Ardi Kurniawan
ABSTRAK
Pada abad 21 seperti sekarang penggunaan karburator kini digantikan oleh sistem
injeksi bahan bakar yang mulai mendominasi otomotif. Sistem injeksi bahan bakar
atau biasa disebut EFI yaitu sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara
elektronik. Pada sistem injeksi terdapat komponen yang mengalami kerusakan yaitu
dinamo pompa bahan bakar (rotak). Kerusakan terjadi karena kurangnya perawatan
dan penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan rasio kompresi sepeda
motor. Dinamo pompa bahan bakar sangat penting karena mempengaruhi tenaga
sepeda motor, konsumsi bahan bakar, serta torsi dan daya.
Pengujian dalam penelitian ini dengan menggunakan bahan bakar murni Pertalite
dan Pertamax. Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dilakukan dengan metode
sepeda motor diam dengan putaran mesin 5000 rpm selama 5 menit, sepeda motor
bergerak menempuh jarak 10 km. Sedangkan, untuk mengetahui torsi dan daya
dilakukan dengan menggunakan dynotest dengan putaran mesin 5000 rpm, 7000
rpm, dan 9000 rpm.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa dinamo pompa bahan bakar menggunakan
bahan bakar Pertalite dinamo Yamaha 1FD menghasilkan tekanan 308-311 kPa
serta konsumsi bahan bakar 0,720 L/h. Pengujian torsi menggunakan Pertamax,
pada 5000 rpm dinamo Yamaha 1FD dan Yamaha 2 PH menghasilkan torsi paling
tinggi dengan nilai yang sama yaitu 7,50 ft.lbs. Pengujian daya menggunakan
Pertamax, daya paling tinggi pada 7000 rpm menggunakan dinamo Yamaha 2PH
menghasilkan daya paling tinggi dengan nilai 9,50 HP
Kata kunci : Tekanan, torsi, daya