Pengenalan dan Pelatihan E-Commerce Sebagai Media Pengembangan Bisnis Bagi Kelompok Wanita Tani - Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KWT-KAMI) Bandar Lampung


2023

Trisnowati Josiah
Khairul Saleh
Yuliana Yamin

ABSTRAK
Penggunaan internet mengalami transformasi yang signifikan pasca pandemi COVID-19. Dengan
pembatasan fisik dan pergeseran kegiatan ke ranah digital selama pandemi, internet menjadi pondasi
utama bagi berbagai aspek kehidupan. Sektor bisnis mengalihkan fokusnya ke e-commerce dan
pemasaran digital, serta interaksi sosial pun semakin bergantung pada media sosial dan aplikasi
komunikasi virtual. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk melaksanakan pengenalan
dan pelatihan E-commerce sebagai media pengembangan bisnis bagi Kelompok Wanita Tani –
Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KWT-KAMI) yang ada di Kelurahan Surabaya, Kecamatan
Kedaton, Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pemaparan
teori dan praktek dengan 4 tahapan yakni, tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi.
Dari kegiatan pengabdian ini, terlihat peningkatan kemampuan anggota KWT-KAMI dalam
memahami kegunaan, cara penggunaan, cara promosi di media sosial dan e-commerce. Selanjutnya,
pihak KWT-KAMI disarankan untuk dapat berinovasi dan terus meningkatkan kualitas produk dam
kuantitas promosi agar mencapai hasil yang maksimal. 
Kata kunci: E-Commerce, Kelompok Wanita Tani, Media Pengembangan Bisnis 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved