ABSTRAKPenggunaan internet mengalami transformasi yang signifikan pasca pandemi COVID-19. Denganpembatasan fisik dan pergeseran kegiatan ke ranah digital selama pandemi, internet menjadi pondasiutama bagi berbagai aspek kehidupan. Sektor bisnis mengalihkan fokusnya ke e-commerce danpemasaran digital, serta interaksi sosial pun semakin bergantung pada media sosial dan aplikasikomunikasi virtual. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk melaksanakan pengenalandan pelatihan E-commerce sebagai media pengembangan bisnis bagi Kelompok Wanita Tani –Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KWT-KAMI) yang ada di Kelurahan Surabaya, KecamatanKedaton, Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pemaparanteori dan praktek dengan 4 tahapan yakni, tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi.Dari kegiatan pengabdian ini, terlihat peningkatan kemampuan anggota KWT-KAMI dalammemahami kegunaan, cara penggunaan, cara promosi di media sosial dan e-commerce. Selanjutnya,pihak KWT-KAMI disarankan untuk dapat berinovasi dan terus meningkatkan kualitas produk damkuantitas promosi agar mencapai hasil yang maksimal. Kata kunci: E-Commerce, Kelompok Wanita Tani, Media Pengembangan Bisnis
©2024 Repository Saburai. All rights reserved