ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE


2022

Yuliana Yamin
Novalia
Maristiana Ayu
Praja Fikto Ali

Abstrak. Bekembangnya online di Indonesia turut mempengaruhi layanan ojek di Indonesia, saat ini kita dapat memesan layanan ojek melalui aplikasi di smartphone. Layanan ini dikenal dengan ojek  online.
Konsumen lebih memilih menggunakan layanan ojek online dari pada ojek konvensional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk preferensi konsumen terhadap penggunaan transportasi online pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung dan untuk mengetahui jenis transportasi online yang lebih diminati oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang
Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepentingan tertinggi adalah  harga  merupakan  atribut  yang  memiliki  nilai  kepentingan  tertinggi  yaitu  mencapai  53,376.
Berdasarkan nilai signifikansi Pearson’s R dan Kendall’s Tau masing-masing sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada uji keakuratan (predictive accuracy) yang tinggi pada proses konjoin.
Transportasi online yang lebih diminati mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung adalah Gojek dengan presentase 60,20% karena karena harga, kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi, dan keamanan. Diurutan kedua yaitu Maxim dengan presentase sebesar
33,7%, dan yang kurang diminati adalah Grab dengan presentase sebesar 6%.

Kata kunci: Konsumen, Preferensi, Transportasi Online.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved