PENGARUH LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN


2020

Yuliana Yamin
Khairul Saleh
Rolista

 
Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan
petugas pelayanan  akan berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan.   Tujuan penelitian untuk mengetahui  Pengaruh Layanan Administasi
Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way
KananMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam 
penelitian ini berjumlah 84 Penduduk Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Way Kanan. 
Hasil pengujian hipotesis  pengaruh layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dapat
ditunjukkan dengan nilai R square = 0,522 atau sebesar 52,2% sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai t hitung sebesar 9.469 dan t tabel pada n = 84 dan
α=0,05 diperoleh t tabel = 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 9.469
> 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka  Ha diterima. Hal ini berarti layanan administrasi
kependudukan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat  di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan

Kata Kunci : Pelayanan, Kinerja
 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved