Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikanpetugas pelayanan akan berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Layanan AdministasiKependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten WayKananMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptifkuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 Penduduk Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Way Kanan. Hasil pengujian hipotesis pengaruh layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dapatditunjukkan dengan nilai R square = 0,522 atau sebesar 52,2% sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhioleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai t hitung sebesar 9.469 dan t tabel pada n = 84 danα=0,05 diperoleh t tabel = 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 9.469> 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti layanan administrasikependudukan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan
Kata Kunci : Pelayanan, Kinerja
©2024 Repository Saburai. All rights reserved