HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN JEMAAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGGAMUS


2020

ANI DWI OKTAMI



Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelayanan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Tanggamus Khususnya Pelayanan Ibadah Haji kurang optimal.  Tujuan penelitian untuk mengetahui  Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Jemaah Haji  di Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa quisioner.  Populasi dan Sampel sebanyak 68 Calon jemaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten TanggamusHasil pengujian hipotesis hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan jemaah menunjukan bahwa signifikansi hubungan sebesar 0.000 < 0.05 artinya bahwa hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan Jemaah signifikan.  Derajat  keeratan hubungan sebesar 0.761 masuk dalan kategori keeratan kuat atau tinggi. Nilai t hitung variabel  kualitas pelayanan sebesar 9.538 dengan konstanta 2.045 pada t tabel dengan db 68 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,668 karena t hitung> t tabel  atau 9.538  > 1.668 maka Ha diterima. Signifikasi variabel pengalaman kerja pada tabel  adalah 0.00  yang berarti probabilitas 0.00, karena probabilitas kurang dari 0,05 maka Ha diterima. artinya Kualitas pelayanan berpengaruh positif  terhadap Kepuasan Jemaah Haji Kemenag Tanggamus.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved