31. PENGARUH URAIAN TUGAS DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2020

EVA MAYASARI SURYA



 

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung dalam menjalankan fungsi dan perannya dihadapkan pada beberapa kendala, antara lain kinerja pegawai yang belum optimal sangat mempengaruhi  progres kerja organisasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi capaian target dan realisasi program kerja yang telah direncanakan. Kurang optimalnya kinerja pegawai ini diyakini sebagai dampak dari  kurangnya pemahaman masing-masing pegawai tentang uraian tugas serta  lemahnya motivasi kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh uraian tugas dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh uraian tugas dan motivasi kerja  baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 41 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh uraian tugas terhadap kinerja secara parsial menunjukkan bahwa uraian tugas  berpengaruh positif terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 68,3%. Motivasi kerja  berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 50,9%.. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan uraian tugas dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 68,9%, sedangkan sisanya sebesar 31,1% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti. Implikasi sebagai upaya mengatasi permasalahan yang terjadi antara lain: Penyusunan uraian tugas pada setiap jabatan seharusnya  dievaluasi dan disesuaikan setiap periode dalam jangka waktu yang sesingkat mungkin menyesuaikan dinamika percepatan perubahan di segala bidang; Perlu diberikan penghargaan kepada pegawai yang memiliki prestasi kerja melebihi pegawai lain; Perlu diterapkan reward and punishment system.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved