29. PENGARUH IKLIM KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2020

NINA OKTALISA



 

Tercapainya tujuan organisasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah Iklim Kerja dan Motivasi Kerja. Berdasarkan pengamatan bahwa Kinerja Pegawai pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Lampung masih belum optimal. Terlihat dari hasil kerja pegawai yang masih belum sesuai target baik kualitas maupun kuantitasnya dan juga dari segi waktu penyelesaian pekerjaan. Hal ini disebabkan terbatasnya sumber daya manusia yang cakap dan terampil, kurangnya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan kurangnya inisiatif dari pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan 68 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat. Dimana Iklim Kerja(X1) dan Motivasi Kerja(X2) sebagai variabel bebas (Independent) dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat (dependent).

Berdasarkan Koefisien Determinasi terdapat pengaruh Iklim Kerja(X1) terhadap Kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 33,9% yang berarti Iklim Kerja memberikan pengaruh sebesar 33,9% terhadap Kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antara Motivasi Kerja(X2) terhadap Kinerja pegawai dengan tingkat pengaruh sebesar 30,8% yang berarti bahwa Motivasi Kerja memberikan pengaruh sebesar 30,8% ) terhadap Kinerja pegawai (Y). Terdapat pengaruh secara simultan antara Iklim Kerja(X1) dan Motivasi  Kerja(X2)  terhadap Kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 37,4% yang berarti bahwa pengaruh Iklim Kerja dan Motivasi Kerja memberikan kontribusi pengaruh sebesar 37,4% terhadap Kinerja pegawai dan sisanya dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved