PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG


2020

SERWANINGSIH



Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan hal yang bersifat individual, setiap individual memiliki tingkat kepuasan kerja yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan dan sistem nilai yang dianutnya. Semakin banyak aspek dalam pekerjaannya yang sesuai dengan keinginan dan sistem yang dianutnya, maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja yang didapat. Kepuasan kerja mencerminkan keadaan perasaan seseorang terhadap pekerjaan dan segala sesuatu di lingkungan pekerjaannya (Hasibuan, 2015:202). Kepuasan kerja merupakan aktualisasi diri pegawai dalam pekerjaannya dapat memberikan manfaat bagi pegawai maupun organisasi tersebut. Berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis bermaksud untuk meneliti  kepuasan kerja dan kinerja pegawai guna peningkatan hasil kerja dalam kinerja yang dituangkan ke dalam proposal penelitian dengan judul “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung”

Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, yang beralamatkan di Jl. Dr. Susilo No. 44 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan selama bulan Maret – Mei 2020 di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Berdasarkan hasil estimasi dapat kita lihat bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 11,023 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung  >  t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien masing variabel bebas adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh Signifikan. Kemudian koefisien determinasi X – Y (R2) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,786 berarti bahwa 78,6% (persen) dari variasi perubahan pengaruh Kepuasan Kerja dapat menjelaskan Kinerja. Sedangkan 21,4% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor-faktor lain di luar model.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Kepuasan Kerja yang diterapkan memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved