PENGARUH KETERAMPILAN INSTRUKTUR DAN PERALATAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT KOMPETENSI LULUSAN PELATIHAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KALIANDA


2020

MUHAMMAD ABDILLAH



Objek penelitian ini adalah Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kalianda berlokasi di Jalan Trans Sumatera Km. 6 Kalianda Lampung Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan instruktur dan peralatan pelatihan, sehingga berdampak pada kurang maksimalnya kompetensi lulusan pelatihan. Memberikan pendidikan/ upgrading bagi instruktur dan pengadaan peralatan pelatihan merupakan suatu alternatif yang bisa penyelesaian masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh keterampilan instruktur terhadap tingkat kompetensi lulusan pelatihan, (2) mengetahui pengaruh peralatan pelatihan terhadap tingkat kompetensi lulusan pelatihan,   (3)   mengetahui   pengaruh   keterampilan   instruktur   dan   peralatan pelatihan terhadap tingkat kompetensi lulusan pelatihan.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif dengan  pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di UPTD BLK Kalianda sebanyak 176 orang,  Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik  pengumpulan  data dilakukan  dengan  menggunakan  kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert. Analisis data mencakup: validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana dan regresi berganda pengujian hipotesis melalui analisis koefisien determinasi, uji t dan F.

Hasil  penelitian  ini menggunakan  uji  t  dan  uji F menunjukkan  bahwa variabel  keterampilan instruktur  dan  peralatan pelatihan  berpengaruh terhadap kompetensi lulusan pelatihan sebagai variabel dependen, dengan nilai R square sebesar 0,651. Hal ini   menunjukkan bahwa 65,1% variabel kompetensi lulusan pelatihan dapat dijelaskan melalui variabel keterampilan instruktur dan peralatan pelatihan. Sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel keterampilan instruktur dan peralatan pelatihan yang digunakan dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved