PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

Permasalahan dalam penelitian ini kinerja pegawai belum optimal diindikasikan disebabkan karena rendahnya kemampuan kerja pegawai dan semangat kerja pegawai dalam bekerja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan semangat kerja terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Tengah.  Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Lamung Tengah. Hipotesis pada penelitian ini adalahterdapat pengaruh kemampuan kerja dan semangat kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Tengah.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh Kemampuan Kerja  (X1) terhadap kinerja  (Y) secara parsial menunjukan bahwa  Nilai t hitung variabel kemampuan kerja  yaitu  4.053 dan t tabel  1,671  karena t hitung > t tabel maka Ha diterima artinya kemampuan kerja  berpengaruh positif  terhadap kinerja  pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Tengah.  Nilai R square  sebesar 0.221 artinya sebesar 22,1% variasi perubahan kinerja  mampu dijelaskan oleh variabel kemampuan kerja  sedangkan sisanya 77,9% lagi dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis pengaruh semangat kerja terhadap kinerja   secara parsial menunjukan bahwa  nilai t hitung untuk variabel semangat kerja   yaitu  3.563 dan t tabel  1.671 maka Ha diterima artinya semangat kerja  berpengaruh terhadap kinerja. kotribusi semangat kerja  terhadap kinerja pegawai sebesar 0.180 artinya sebesar 18.0% variasi perubahan variabel kinerja mampu dijelaskan oleh variabel semangat kerja  sedangkan sisanya 82,0% lagi dijelaskan  faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Uji Hipotesis secara simultan variabel Kemampuan Kerja  dan variabel  Semangat kerja  berpengaruh positif secara bersama – sama (simultan)  terhadap kinerja . Hal ini dapat dilihat  dari nilai F hitung sebesar 8.306 yang lebih besar dari f tabel sebesar 3.132. artinya secara bersama-sama kemampuan kerja   dan semangat kerja    berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD  Kabupaten Lampung Tengah. Pengaruh variabel Kemampuan Kerja  dan semangat kerja  kerja  sebesar 0.226 artinya sebesar 22,6% variasi perubahan variabel kinerja  mampu dijelaskan oleh variabel kemampuan kerja  dan semangat kerja , sedangkan sisanya 87,4% lagi dijelaskan  faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved