PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP IMANUEL BANDAR LAMPUNG


2020

SRI ASLAWATI LUBIS



 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan motivasi mengajar terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Imanuel Bandar Lampung

Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 32 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi guru (X1) dan motivasi mengajar (X2) sebagai variabel bebas dan kualitas hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi guru (X1) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 33,9%. Terdapat pengaruh motivasi mengajar (X2) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 30,8%. Terdapat pengaruh kompetensi guru (X1), motivasi mengajar (X2) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 35,1%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved