PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN SARANA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SATUAN PELAKSANA LAYANAN PENDIDIKAN (SPLP) KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS


2020

SYIAR IRMANIA ARIDA



 

Objek Penelitian ini adalah Satuan Pelaksana layanan Pendidikan (SPLP) Kecamatan Pugung  yang beralamat di jalan Way Jaha Kecamatan PugungKabupaten Tanggamus. Permasalahan dalam penelitian ini berupa iklimorganisasi kurang harmonis seperti kurangnya frekuensi komunikasi antara atasandan bawahan, lingkungan kerja yang kurang mendukung serta  suasana kantor yang kurang menyenangkan, berakibat  banyak pekerjaan yang tertunda untuksegera diselesaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklimorganisasi dan sarana kerja  secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP) Kecamatan Pugung KabupatenTanggamus. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kwantitatif denganmenggunakan teknik populasi dari seluruh pegawai yang berada di SatuanPelaksanana Layanan Pendidikan Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamussebanyak 30 pegawai.
Hasil pengujian hipotesis pengaruh iklimorganisasi (X1) terhadap kinerja(Y) secara parsial menunjukan bahwa nilai t hitung variabel iklim organisasiyaitu  4,702  dengan konstanta 1.503 pada t tabel dengan db 30  dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,697 karena t hitung> t tabelmaka Ha diterima. Artinya iklimorganisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hasil pengujian hipotesispengaruh sarana kerja (X2) terhadap kinerja  (Y) secara parsial menunjukanbahwa Nilai t hitung untuk variabel sarana kerja yaitu  2.835  dengan konstanta 2.356 , pada t tabel dengan db 30  dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1.697 makaHa diterima artinya sarana kerja berpengaruh terhadap kinerja.  Uji Hipotesissecara simultan variabel iklim organisasi dan sarana kerja berpengaruh positifsecara bersama – sama (simultan)  terhadap kinerja . Hal ini dapat dilihat  darinilai F hitung sebesar 10.960  yang lebih besar dari f tabel sebesar 3.316 menunjukkanbahwa secara bersama-sama iklim organisasi dan sarana kerja berpengaruh positifdan signifikan terhadap kinerja pegawai Satuan Pelaksana Layanan PendidikanKecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved