PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2020

NORMA YUNITA



          

  Lingkungan kerja dan Motivasi dirasakan semakin penting manfaatnya karena tuntutan pekerjaan atau jabatan. Oleh karena itu, setiap pegawai dituntut agar dapat bekerja secara efektif dan efisien, baik kualitas maupun kuantitasnya, karena organisasi dalam mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh kinerja sumber daya manusia yang ada di organisasi tersebut. Lingkungan kerja tempat pegawai tersebut bekerja sangatlah penting di dalam meningkatkan kinerja karyawan. Lingkungan kerja adalah kondisi – kondisi material dan psikologis yang ada dalam organisasi.

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 80  responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana lingkungan kerja (X1) dan motivasi  (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh antara Lingkungan Kerja (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 50,6% yang berarti Lingkungan Kerja memberikan pengaruh sebesar 50,6% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat antara Motivasi  (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 41,3% yang berarti bahwa Motivasi memberikan pengaruh sebesar 41,3% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat antara Lingkungan Kerja (X1), Motivasi (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,6% yang berarti bahwa Lingkungan Kerja dan Motivasi memberikan pengaruh secara simultan sebesar 54,6% terhadap Kinerja Pegawai.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved