PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN KABUPATEN MESUJI


2020

NOVA ROSMITA



Penelitian dilakukan di Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji dengan obyek penelitian adalah PNS pada Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji. Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan kabupaten di bidang Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura perkebunan dan peternakan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan, serta tugas lain sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Masalah yang dihadapi adalah bahwa penerapan gaya kepemimpinan oleh Kepala Dinas secara umum belum berhasil untuk memaksimalkan kinerja pegawai sebagaimana hasil capaian kinerja sasaran Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji dan kinerja pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji pada Tahun 2019 berdasarkan hasil capaian kinerja sasaran belum berhasil mencapai 100% atau hanya mencapai 93,33%. Tujuan penelitian yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji. Kemudian hipotesis penelitian yang diajukan yaitu “Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji”.

Pengumpulan data diperoleh melalui studi lapangan dengan sampel penelitian berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan benar bahwa Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai berada pada tingkatan sedang. Persentase pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai adalah sebesar 29,7%, sisanya sebesar 71,3%, dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved