KAJIAN SISTEM DRAINASE PERUMAHAN TOWNSHIP TANAH PUTIH KABUPATEN MUARA ENIM


2020

ROBI ANDIKA PUTRA



   

    Drainase merupakan saluran untuk membuang atau mengalirkan air hujan dan air kotor dari perumahan ke saluran yang lebih besar atau sungai. Sering terjadinya hujan yang sangat lebat menyebabkan adanya debit air yang tidak tertampung saluran pada perumahan Township Tanah Putih . Karena itulah jalan di perumahan tersebut sering tergenang air pada saat hujan yang sangat lebat, sehingga dibutuhkan kajian sistem drainase pada perumahan tersebut.

       Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengevaluasi sistem drainase pada perumahan Township Tanah Putih Kabupaten Muara Enim. Perhitungan ini menggunakan Metode Log Pearson Tipe III. Sumur resapan mengunakan diameter 1 meter dengan kedalaman 7 meter.

       Hasil analisis didapatkan bahwa debit banjir pada rumah Kelas I yaitu pada kala ulang 2 tahun didapat 0,15 m3/s dan kala ulang 25 tahun didapat 0,16 m3/s. Debit banjir pada rumah Kelas II ketika kala ulang 2 tahun didapat 0,16 m3/s ,dan kala ulang 25 tahun didapat 0,19 m3/s. Debit banjir pada rumah Kelas III ketika kala ulang 2 tahun didapat 0,22 m3/s , dan kala ulang 25 tahun didapat 0,29 m3/s. Debit banjir pada rumah VVIP ketika kala ulang 2 dan 25 tahun didapat 0,14 m3/s. Pada dimensi saluran, direncanakan saluran persegi dengan dimensi 45 x 50 cm.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved