PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PADA PEKERJAAN PELAT LANTAI KONVENSIONAL DAN BONDEK (Studi Kasus Gedung Arsip Bank Lampung)


2020

JAZIM CHAMIDI



 

Dalam perkembangan dunia konstruksi saat ini, banyak cara dan upaya yang dilakukan untuk  meningkatkan  kualitas  dan  kuantitas  perusahaan konstruksi. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengganti metode konvensional menjadi modern. Pelat konvensional kini sudah mulai tergantikan dalam pengerjaan pelat pada bangunan gedung bertingkat. Salah satu metode pelaksanaan pekerjaan  pelat  yang terbaru saat ini  yaitu menggunakan metode pelat bondek dalam pengecoran pelat.

Dari kedua metode pelat lantai tersebut manakah yang lebih efisien dan efektif dari segi biaya dan waktu. Dalam penelitian ini penulis mencoba membandingkan biaya dan waktu pada pekerjaan pelat lantai dengan metode konvensional dan metode pelat bondek pada Gedung Arsip Bank Lampung. 

Dari hasil analisa yang telah dilakukan,diperoleh hasil bahwa berdasarkan perbandingan biaya, penggunaan pelat bondek lebih murah biayanya dibandingkan dengan pelat konvensional.Maka penggunaan pelat bondek lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan pelat menggunakan konvensional sedangkan berdasarkan perbandingan waktu, pelat bondek lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan konvensional dengan selisih waktu 15,93 hari. Maka penggunaan pelat bondek lebih efektif dibandingkan dengan pelat konvensional karena penggunaan bondek lebih mudah pelaksanaannya.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved