ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN BEKISTING KAYU DAN BEKISTING BESI PADA STRUKTUR KOLOM (Studi Kasus : Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian Unila)

 

Keberhasilan kontsruksi diawali dan sangat ditentukan dengan berhasil tidaknya untuk menyusun landasannya, dengan perencanaan yang lengkap dan sangat baik. Menentukan metode atau cara teknis yang paling baik agar dengan sumber daya yang terbatas diperoleh hasil yang maksimal dalam ketepatan, kecepatan, penghematan dan keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya dan waktu pekerjaan dengan dua metode yang berbeda, yaitu metode bekisting kayu dan bekisting besi, selain menghitung besarnya biaya dan waktu pekerjaan juga di lakukan perbandingan biaya dan waktu pekerjaan untuk kedua metode bekisting tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan biaya bekisting kayu sebesar Rp.176.891.443,20 dan  bekisting besi sebesar Rp.322.807.154,20 dengan perbandingan metode bekisting besi 1,825 lebih mahal dibandingakan metode bekisting kayu. Hasil  perhitungan waktu metode bekisting kayu memerlukan waktu 393,24 jam dan metode bekisting besi memerlukan waktu 321,98 jam dengan perbandingan metode bekisting besi 1,221 lebih cepat dibandingan dengan metode bekisting kayu.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved