PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG DESAIN INDUSTRI CV. OTSKY SEBAGAI KARYA INTELEKTUAL


2020

AGITA KARTIKAWATI



 

Perlindungan dalam desain indutri dimaksudkan untuk memberikan landasan perlindungan hukum yang efektif guna mencegah berbagai bentuk pelanggaran berupa penjiplakan, pembajakan, atau peniruan atas desain industri. Rumusan masalah yaitu bagaimana Bagaimana perlindungan hukum terhadap pemegang desain industri CV. Otsky sebagai karya intelektual? dan apakah faktor penghambat dalam perlindungan hukum terhadap pemegang desain industri CV. Otsky sebagai karya intelektual?

Pendekatan masalah menggunakan pendekatan normatif dan empiris. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Sumber data yang digunakan sumber data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier, serta sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan.Prosedur pengolahan data yaitu pemeriksaan data, rekontruksi data dan sistematika data, dan analisis data.

Hasil dari penelitian dan pembahasan skripsi saya adalah Perlindungan hukum terhadap pemegang desain CV. Otsky sebagai karya intelektual adalah dengan penerbitan Sertifikat Hak Desain Industri yang secara preventif akan mewujudkan kepastian dan perlindungan hukum bagi pemegang hak desain industri yang merupakan hak esklusifnya sehingga tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran hukum terhadap desain industri di Indonesia. Faktorpenghambat dalam perlindungan hukum terhadap pemegang desain CV. Otsky sebagai karya intelektual adalah karena belum tercapainya kesadaran hukum pemegang desain industri yang ada di Provinsi Lampung sebagai Hak Kekayaan Intelektual yang mengandung hak moral, ekonomi dan ekslusif bagi si pemegang desain industri. 

Saran dari penelitian ini adalah Hendaknya Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kantor Wilayah Provinsi Lampung lebih intens untuk mengadakan sosialisasi tentang arti pentingnya Hak Kekayaan Intelektual kepada pelaku usaha CV. Otsky di Provinsi Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved