273. PENGARUH KOMPETENSI SDM DAN URAIAN TUGAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG


2021

SITI ASNAWATI



 

 

Upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) bagi setiap instansi pemerintah dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerjanya, oleh  karena itu pegawai perlu dibekali keterampilan yang baik  dalam melaksanakan setiap pekerjaan. Kantor Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung memiliki pegawai dengan kompetensi yang tidak saling mendukung antara pendidikan yang dimiliki, pengalaman kerja, dan pelatihan. Uraian tugas pada hakikatnya memberikan fakta-fakta yang menunjukkan apa yang dilakukan dan macam pegawai, pegawai yang bagaimana yang diperlukan terhadap pelaksananaan pekerjaan tertentu. Meningkatkan kinerja organisasi dalam suatu instansi secara keseluruhan harus dimulai dari meningkatkan kinerja individu tiap pegawai dalam instansi. Kinerja pegawai memiliki potensi besar menjadi competitive advantage yang sulit ditiru, sebagai mana yang menjadi paradigma dalam Human Capital Management. 
    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, yaitu model pemecahan masalah yang menguraikan masalah dan menjelaskannya berdasarkan data yang berupa angka. Dalam mengulas secara pendekatan teori dan angka angka yang berhubungan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu)variabel terikat dimana Kompetensi SDM (X1) dan Uraian Tugas (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. 
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kompetensi SDM (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 41,6% yang berarti Kompetensi SDM memberikan pengaruh sebesar 41,6% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Uraian Tugas (X2) terhadap Kinerja Pegawai
(Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 33,4% yang berarti bahwa Uraian Tugasmemberikan pengaruh sebesar 33,4% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Kompetensi SDM (X
1), Uraian Tugas (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 44,4% yang berarti bahwaKompetensi SDM dan Uraian Tugas memberikan pengaruh sebesar 44,4% terhadap Kinerja Pegawai.




©2024 Repository Saburai. All rights reserved