ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus Depan Pasar Unit II Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang)


2020

AGUS ALAUDIN



 

Kebutuhan akan transportasi darat pada saat ini khususnya jalan raya, dirasakan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi diberbagai bidang, perkembangan otomotif yang meningkat pesat dan daya beli masyarakat yang cukup tinggi mengakibatkan peningkatan jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan raya. Sehingga bila tidak diimbangi dengan ruas jalan yang memadai maka akan menimbulkan masalah yaitu terganggunya lalu lintas jalan raya.

Pada ruas jalan Lintas Sumatera di depan Pasar Unit II Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang yang di jadikan lokasi penelitian ini bahwa Saat kondisi hambatan samping rendah dengan nilai Derajat Kejenuhan = 0.58. Untuk rasio derajat kejenuhan dengan nilai ≤ 0.60 di dapat nilai tingkat pelayanan A yang artinya kondisi arus lalu lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Sedangkan pada saat kondisi hambatan samping sedang ada kendaraan parkir di badan jalan dengan nilai Derajat Kejenuhan = 0.91. Untuk rasio derajat kejenuhan dengan nilai 0.90 – 1.00 di dapat nilai tingkat pelayanan E yang artinya arus tidak stabil, kecepatan rendah dan volume padat.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved