ANALISIS KETERSEDIAAN AIR BENDUNG WAY APUS UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR IRIGASI PADA PEKON WONODADI UTARA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU


2020

WAHYU ADY PURNOMO



 

Bendung Way Apus yang terletak di Pekon Wonodadi Utara, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Bendung ini dibangun untuk menaikan muka air sungai way apus untuk mengairi saluran irigasi. Desa ini merupakan salah satu contoh wilayah yang selalu mengalami ancaman kekeringan pada musim kemarau sehingga berdampak pada kebutuhan air irigasi pada lahan sawah warga di pekon tersebut. Tujuan yang diharapkan dalam skripsi ini adalah dapat mengetahui ketersediaan air yang dimiliki oleh bending way apus, mengetahui kebutuhan air irigasi  pada pekon  Wonodadi  Utara,  dan  mengetahui  pola tanam  yang cocok untuk daerah irigasi pekon Wonodadi Utara.

Dalam hal ini, untuk mengetahui pola tanam yang cocok untuk lahan pertanian di pekon Wonodadi Utara dibutuhkan analisis tentang ketersediaan air bending Way Apus untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di daerah irigasi Pekon Wonodadi Utara. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data terkait, berupa data curah hujan, data debit, dan data evapotranspirasi. Dalam metode ini diperlakukan beberapa tahapan untuk menghitung kebutuhan air serta menghitung ketersediaan air pada daerah irigasi Pekon Wonodadi Utara.

Dari hasil perhitungan, di dapat nilai debit ketersediaan air pada Bendung Way  Apus  paling  tinggi  adalah  pada  bulan  Januari  II,  yaitu  sebesar  22.43 m3/detik, sedangkan debit yang paling rendah adalah pada bulan Agustus II, yaitu sebesar  0,56  m3/detik.  Sedangkan  nilai  kebutuhan  air  irigasi  pada  Pekon Wonodadi Utara didapatkan kebutuhan air paling tinggi pada bulan Juni II sebesar

0.1303  m3/detik  sedangkan  yang  paling  rendah  pada  bulan  Januari  I  sebesar

0.0010  m3/detik.  Berdasarkan  hasil  perhitungan  didapatkan  neraca  air  yang surplus, sehingga pola tanam yang cocok pada daerah irigasi pekon Wonodadi Utara yaitu Padi-Padi-Palawija.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved