ANALISIS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN GOTONG ROYONG KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG


2020

RATIH RATNASARI



 

Kantor Kelurahan Gotong Royong merupakan bagian dari sistiem pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan administrasi harus selalu baik dalam memberikan pelayanan, semakin baik pelayanan yang diberikan, maka semakin baik pula masyarakat menilai kinerja dalam bentuk produktivitas kerja, profesionalitas pelayanan untuk memenuhi keinginan masyarakat, yang mencakup dari ketepatan waktu, kecepatan dalam memberikan pelayanan terhadap keperluan masyarakat, keramahan pegawai, penguasaan teknologi, sarana dan prasarana yang memadai. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk bekerja lebih cepat, tepat dan akurat serta berkualitas dalam pelayanan Kependudukan. Penelitian ini secara umum yaitu bertujuan untuk mengetahui pelayanan kependudukan dalam meningkatkan kualitas data kependudukan di kelurahan Gotong Royong Kota Bandar Lampung.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Kualitatif  dengan teknik mengumpulkan data adalah Observasi, Wawancara/Interview;  Dokumentasi, Studi Kepustakaan.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka penulis menyimpulkan beberapa point dari hasil penelitian di Kantor Kelurahan Gotong Royong untuk menciptakan pelayanan yang lebih efisien, efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Kualitas pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu: (a)Aspek bukti Fisik (tangible), (b) Aspek keandalan (realiability (c) Aspek daya tanggap (responsiveness), (d) Aspek jaminan (Assurance), (e) Aspek empati (empaty).

Penulis memberikan saran sebagai berikut : (a) lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang dianggap kurang memuaskan dalam proses pelayanan yaitu dimensi fasilitas fisik (tangible) agar masyarakat dapat merasa puas dan nyaman saat melaksanakan pelayanan, (b) Mengadakan program penyuluhan melalui kepala Kecamatan kepada Kelurahan Gotong Royong, untuk membantu penyebaran dan pemahaman informasi kepada masyarakat, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Gotong Royong. (c) Menyelenggarakan pelayanan yang tidak memberatkan dan menyulitkan masyarakat Kelurahan Gotong Royong, pelayanan yang sederhana dan mudah dipahami.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved