ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KELUARGA (SIGA) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

Pemerintah Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah mengimplementasikan Sistem Informasi Keluarga (SIGA). Pengelolaan kebijakan Sistem Informasi Keluarga di Kecamatan Way Pengubuan didasarkan pada Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Dalam pelaksanaan sistem informasi keluarga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja petugas diantaranya yaitu kemampuan petugas (PLKB) dalam memberikan penyuluhan, ketersediaan sarana dan prasarana serta keberhasilan program yang telah ditetapkan. Adapun permasalahan yang terjadi pada saat penyuluhan berlangsung tidak menggunakan Laptop atau LCD sehingga menyebabkan komunikasi kurang menarik dan membosankan dan kurangnya fasilitas kerja bagi Petugas Lapangan Keluarga  Berencana  (PLKB),  sehingga  menyebabkan  kinerja  petugas  tidak optimal dalam  melaksanakan  sistem informasi keluarga.  Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) Dalam  Meningkatkan  Kinerja Petugas Lapangan  Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian dan pembahasan Implementasi Sistem Informasi Keluarga di Kecamatan  Way Pengubuan  Kabupaten  Lampung  Tengah diketahui bahwa masih ada petugas pada saat penyuluhan berlangsung tidak menggunakan Laptop atau LCD sehingga menyebabkan komunikasi kurang menarik dan membosankan dan kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)  masih belum optimal dikarenakan  kurangnya  fasilitas  kerja  sehingga  menyebabkan  kinerja  petugas tidak optimal dalam melaksanakan sistem informasi keluarga.

Saran yang dapat diberikan hendaknya pihak Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah dapat merealisasikan laktop dan LCD untuk para petugas lapangan keluarga berencana agar mereka dapat memberikan penyuluhan dengan  menarik  sehingga  nantiya  akan  terjadi  komunikasi  yang  baik,  jelas, akurat, konsisten sehingga pelaksanaan sistem informasi dapat  berjalan sesuai dengan tujuan organisasi dan hendaknya perlunya diadakan penambahan fasilitas baik peralatan kerja, operasional petugas serta sarana pendukung lainnya agar petugas lapangan keluarga berencana dapat bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan sistem informasi keluarga kepada masyarakat Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved