Penelitaian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Masyarakat di PekonWalur Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana yang menjadi subyek penelitiannya adalah kinerja aparatur desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat Pekon Walur. Yang menjadi tolak ukur pada penelitian ini adalah literatur teoriteori yang membahas bagaimana Standar kinerja aparatur desa dan kepuasan pelayanan masyarakat, metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian akan di uji validitasnya dengan menggunakan metode triangulasi, dari data tersebutlah yang kemudian akan di jadikan sebagai bahan dasar unuk menentukan bagaimana kinrja aparatur dalam melayni masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja aparatur desa walur belum bisa meningkatkan kepuasan masyarakat, hal ini dikarnakan aparatur desa masih belum bisa memenuhi standar pelayanan sesuai MENPAN No.23 tahun 2004, selain itu aparatur desa juga belum bisa memenuhi standar tolak ukur penilaian kepuasan masyarakat yang terdiri dari, Bukti langsung (tangibles, Kehandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance) dan Empati (empaty), namun meski begitu masyarakat walur tetap bersyukur karna dengan keadaan sarana dan prasarana yang terbatas aparatur desa masih bisa melayni masyarakat, meski belum begitu memuaskan.
Penelitian ini menyarankan agar pihak aparatur desa dapat berbenah untuk mengoptimalkan pelayanan, hal ini dimaksudkan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kepuasan terhadap masyarakat
©2024 Repository Saburai. All rights reserved