UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MENGATASI KONFLIK SOSIAL DI DESA BALINURAGA KECAMATAN WAY PANJI TAHUN 2012


2020

DODI HERNALDI



 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Pemerintah Kabupaten Lampung  Selatan  dalam  mengatasi  Konflik  Sosial  antar  Suku  Bali  dan  Suku Lampung di Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan Teknis pengumpulan  data  menggunakan  kualitatif  seperti  wawancara,  observasi, dokumentasi.

Konflik yang berlangsung selama tiga hari (27, 28 dan 29 Oktober 2012) banyak menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan.

Analisis data menggunakan kualitatif dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan dari data yang diperoleh.Hasil penelitian konflik berawal dari kecelakaan dan berujung pelecehan seksual, sifat dari pemuda balinuraga  yang  tidak  sopan  dan  tidak  bisa  berbaur dengan  masyarakat  lainnya, adanya dendam pribadi antara Suku Lampung dengan Bali.

Berdasarkan hasil anilisis   upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam mengatasi konflik sosial di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Lampung Selatan sudah maksimal, namun terdapat hambatan atau kendala dalam mengatasi konfik sosial, dikarenakan konflik yang tidak pernah ada penyelesaiaan hingga ke akarnya dan tidak tuntas dalam penenganan penegak hukum.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved