ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MENGENAI SISTEM KEAMANAN KELILING (RONDA MALAM) DI KELURAHAN SUMBEREJO SEJAHTERAH KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG


2020

OKTAVIA EKA FATONAH



 

Beragam masalah yang ada di Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mengenai sistem keamanan lingkungan keliling (ronda malam) .  salah satu nya adalah kurangnya partisipasi masyarakat mengenai sistem keamanan lingkungan (ronda malam) sehingga meniimbulkan  kejahatan kriminalitas disekitar Kelurahan Sumberejo Sejahterah . Salah satu solusi nya adalah dengan mengaktifkan  kembali kegiatan ronda malam . Permasalahan yang ada di Kelurahan Sumberejo Sejahtera  perlu adanya solusi untuk mengatasinya. Untuk itu perlu adanya suatu program yang mampu membantu memberdayakan masyarakat agar masyarakat dapat lebih meningkatkan kembali  partisipasi mengenai ronda malam .Permasalahan dalam penelitian ini adalah  Bagaimana Pemberdayaan  Masyarakat Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengenai  Sistem Keamanan Lingkungan (Ronda Malam) Di Kelurahan Sumberejo Sejahterah Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung?

        Tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan   masyarakat   dalam  meningkatkan  partisipasi masyarakat   mengenai    sistem   keamanan lingkungan keliling atau  (ronda malam).

        Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data yang digunakan analisis kualitatif . Kesimpulan 1.) Pemberdayaan masyarakat mengenai sistem keamanan lingkungan di Kelurahan Sumberejo Sejahterah kecamatan Kemiling kota Bandar Lampung sudah terbilang sangat  baik hal ini dibuktikan dengan adanya atau dikeluarkanya peraturan kelurahan No 13 tahun 2019 tentang siskamling (ronda malam)  sebagian masyarakat sudah cukup mengerti dan paham betul bahwa ronda malam merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan karena mengingat banyak nya kejahatan kriminalitas yang sering terjadi hal ini dapat terlihat dari antusias masyarakat yang turut serta menyumbangkan ide atau gagasn ,pikiran, tenaga dan juga uang demi terwujudnya suatu kegiatan ronda yang kondusif . 2.) Partisipasi  masyarakat mengenai sistem keamanan lingkungan di kelurahan Sumberejo Sejahterah Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung belum dibilang baik dan maksimal hal ini dapt terlihat dari sebagian masyarakat yang tidak memiliki kesadaran dari dalam diri masyarakat jika tidak ada imbal balik yang menguntungkan dirinya.

        Saran  1).      Sebaiknya Aparat Kelurahan bisa bekerja lebih baik lagi memberikan bimbingan kepada masyarakat agar dapat menarik minat masyarakat untuk turut aktif dalam kegiatan ronda malam 2). Dan untuk masyarakatnya sebaiknya lebih meningkatkan kembali kesadaran dari dalam diri masyarakat dengan cara intropeksi diri agar ada atau tidak adanya imbal balik partisipasi tentang kegiatan ronda malam tetap berjalan


©2024 Repository Saburai. All rights reserved