269. DAMPAK IKLIM KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAPKINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MESUJI


2021

ROLIYULIYANTI



 

 

Kinerja dipandang sebagai kemampuan pegawai untuk mencapai hasil yang diinginkan, dalam mencapai hasil yang diinginkan tentu dibutuhkan sikap kerja yang positif dari pegawai. Kinerja seorang pegawai dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, yaitu faktor yang dihubungkan dengan sifat-sifat seseorang. Faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang yang berasal dari lingkungan seperti perilaku, sikap dan tindakan-tindakan rekan kerja, bawahan atau pimpinan, fasilitas kerja dan iklim organisasi. Faktor-faktor internal dan eksternal ini merupakan aspek yang dampaknya dapat mempengaruh kinerja seseorang. 
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dampak iklim kerja dan motivasi kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji.

Peneliti menggunakan random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang pegawai pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji. 

Hasil analisis didapatkan ada dampak iklim kerja terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan nilai  20,1%, adapun dampak motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan nilai 28,3%, dan ada dampak iklim kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan nilai 28,6% sedangkan sisanya tidak dtelitii dalam penelitian ini. 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved