265. PENGARUH URAIAN TUGAS DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN TULANG BAWANG

         

 

Objek penelitian ini adalah permasalahan uraian tugas, motivasi kerja dan kinerja pegawai di lingkungan Dinas Perdagangan Kabupaten Tulang Bawang. Berdasarkan hasil observasi penulis menemukan indikasi kinerja pegawai belum optimal, terlihat dari masih ada pencapaian target dan realisasi yang kurang sempurna. Hal  ini diduga disebabkan  pemberian uraian tugas kurang dipahami masing-masing pegawai, hal ini disebabkan dalam penyusunan uraian tugas kurang memperhatikan aspek akurasi sehingga seringkali apa yang tertera pada uraian tugas tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Selain permasalahan uraian tugas, tidak optimalnya  kinerja pegawai juga diduga merupakan dampak dari  lemahnya motivasi kerja pegawai dikarenakan kurangnya arahan dari atasan kepada bawahan berkaitan dengan teknis pekerjaan, sehingga pegawai merasa kurang mendapat dukungan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh uraian tugas dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh uraian tugas dan motivasi kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai.  
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 65 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. 
Hasil pengujian hipotesis pengaruh uraian tugas terhadap kinerja secara parsial menunjukkan bahwa uraian tugas berpengaruh positif terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 41,7%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil motivasi kerja berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 10,8%.  Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan uraian tugas  dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 48,5%, sedangkan sisanya sebesar 51,5% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.   


©2024 Repository Saburai. All rights reserved