Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang dalam menjalankan peran danfungsinya masih terkendala dengan kinerja pegawai, hal ini terlihat dari terlihatdari tidak terpenuhinya capaian indikator kinerja dengan sempurna. Persoalantersebut diduga merupakan dampak dari lemahnya lingkungan kerja, yaituketersediaan peralatan komputer dirasakan masih kurang dalam menunjangaktivitas kerja pegawai. Selain itu faktor penempatan pegawai yang belummaksimal dalam menunjang pencapaian tujuan organisasi, kondisi penempatanpegawai tidak linier antara latar belakang pendidikan pemangku jabatan denganbidang pekerjaannya. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah apakahlingkungan kerja dan penempatan benar-benar berpengaruh terhadap kinerjapegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungankerja dan penempatan terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian iniadalah ada pengaruh lingkungan kerja dan penempatan baik secara parsialmaupun secara simultan terhadap kinerja pegawai. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 79 pegawai. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknikpengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan kuisioner.Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alatstatistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, ujiregresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja secaraparsial menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja berpengaruh positifterhadap variabel kinerja dengan kontribusi sebesar 67,1%. Pengujian Hipotesissecara parsial lainnya, diperoleh hasil variabel penempatan berpengaruh positif terhadap variabel kinerja dengan kontribusi sebesar 10%. Pengujian hipotesissecara simultan menunjukkan bahwa variabel bebas lingkungan kerja danpenempatan secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap variabelterikat kinerja dengan kontribusi sebesar 67,4%, sedangkan sisanya sebesar 32,6%merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved