261. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT KABUPATEN TULANG BAWANG

 

 

Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang dalam melaksanakan fungsi dan perannya masih terkendala oleh belum maksimalnya  kinerja pegawai,  diantaranya dalam hal ketercapaian target dan realisasi program kerja yang tidak maksimal. Hal   ini diyakini disebabkan oleh pola kepemimpinan  yang kurang tepat, yaitu kurang melibatkan bawahan dalam proses pengambilan keputusan. Hasil observasi  penulis juga menemukan indikasi permasalahan pada faktor lainnya, yaitu budaya organisasi di instansi masih  dirasa  kurang  terpola dengan baik, hal ini terlihat dari pegawai dalam melaksanakan kegiatan kurang antusias dan terkesan kurang semangat dantanggung jawab terhadap hasil kerjanya. Perumusan masalah pda penelitian ini adalah apakah kepemimpinan dan budaya organsasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja. 
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 46 pegawai. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data penggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 untuk perhitungan model regresi linier. 
Hasil pengujian hipotesis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja  secara parsial menunjukkan pengaruh positif dengan kontribusi sebesar  73,9%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil budaya organisasi  berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 62,9%.  Pengujian hipotesissecar a simultan menunjukkan kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersamasama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 74,1%, sedangkan sisanya sebesar 25,9% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


 



©2024 Repository Saburai. All rights reserved