260. PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIATKPUKABUPATEN PESAWARAN


2021

PUTRI RAMADANTI



 

 

Manajemen sumber daya manusia harus di implementasikan secara optimal untuk mengelola sumber daya manusianya agar tetap eksis dalam persaingan global dewasa ini. Karena tentu saja, suatu organisasi yang memiliki manajemensumber daya manusia yang baik akan memiliki kekuatan kompetitif dan akan menjadi organisasi yang sulit ditiru. Peningkatan semangat kerja sangat besar pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi kerja karena dengan semangat kerja
yang tinggi akan dapat memberikan kontribusi positif bagi kinerja perusahaan.
Upaya peningkatan semangat kerja bagi pekerja bukanlah hal yang mudah, karena itu pemimpin dituntut untuk mampu terlibat secara langsung dengan bawahannya. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jenis  penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 30 respon dan penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Semangat Kerja (X12) dan Budaya Kerja (X) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. 
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Semangat Kerja (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 65,9% yang berarti Semangat Kerja memberikan pengaruh sebesar 65,9% terhadap kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antara budaya kerja (X212) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh  sebesar 51,3% yang berarti bahwa budaya kerja memberikan pengaruhsebesar 51,3% terhadap kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antara Semangat Kerja (X1), Budaya kerja (X) denganKinerjaPegawai (Y), dengan tingka tpengaruh sebesar 45,9% yang berarti bahwa Semangat Kerja dan budaya kerjamemberikan pengaruh sebesar 45,9% terhadap kinerja pegawai.


 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved