257. PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG


2021

FARICE SASMITA. DS



 

 

Terciptanya kinerja pegawai yang baik di Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang masih jauh dari harapan, hal ini dikarenakan masih terdapat banyak kendala yang dihadapi sehingga sulit untuk mencapai tujuan organisasi. Pencapaian kinerja yang belum optimal ini tidaklah terlepas dari permasalahan lemahnya motivasi pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan sikap pegawai yang cenderung malas-malasan bekerja serta kurang antusias terhadap pekerjaan dan hanya menunggu perintah atasan serta kurang produktif. Fenomena lainnya yang terjadi adalah faktor disiplin kerja belum sepenuhnya berjalan, yakni kehadiran pegawai di kantor yang masih belum maksimal, pegawai datang kerja terlambat, istirahat lebih awal, tidak patuh terhadap aturan serta sering meninggalkan tugas dan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada
pengaruh motivasi dan disiplin baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai. 
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 50 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. 
Hasil pengujian hipotesis pengaruh motivasi terhadap kinerja secara parsial menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 56,2%. Disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 49,6%. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa motivasi dan disiplin secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 62,3%, sedangkan sisanya sebesar 37,7% merupakan variasi variabel lain di luar penelitian ini. 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved