PERAN SAMSAT MALL CANDRA NATAR LAMPUNG SELATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMALSUAN SURAT-SURAT KENDARAAN BERMOTOR

 

Permasalahan dalam  penelitian  ini  adalah  Bagaimana peran Samsat Mall Candra  Natar  dalam  upaya pencegahan dan penanggulangannya dan faktor-faktor penghambat  dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan tindak pidana pemalsuan surat kendaraan bermotor.

Jenis penelitian  penulisan skripsi  adalah  Pendekatan  masalah dalam penelitian yaitu pendekatan yuridis normatif dan empiris. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu, sekunder dan primer. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu, kepustakaan dan  lapangan. Pengolahan data dilakukan dengan cara, editing, coding, dan sistematika data.

Hasil penelitian menyimpulkan  bahwa, Peran Samsat Mall Candra Natar dalam upaya pencegahan dan penanggulanganan tindak pidana pemalsuan surat  kendaraan bermotor dengan berbagai cara.Hambatan dalam proses penyelesaian tindak pidana pemalsuan surat tanda nomor kendaraan bermotor dikarenakan kurang pahamnya masyarakat terhadap STNKB palsu,minimnya alat bantu petugas.

Saran dalam penelitian Samsat sebagai pemutus sebaiknya mampu untuk menentukan secara teliti dan cermat hukum dan pasal-pasal apa saja yang dianggap paling tepat untuk dijerat kepada pelaku tindak pidana pemalsuan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved