248. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANDAR LAMPUNG


2021

SAMSUL HIDAYAT



 

 

Kualitas Sumber Daya Manusia adalah kemampuan menjalankan tugas atau pekerjaan dengan dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan didukung oleh sikap yang menjadi karakteristik individu, Komunikasi adalah penyampaian makna dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui media tertentu, Kinerja adalah adalah tingkat terhadap mana para pegawai mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan. Terbatasnya sumber daya manusia yang ada mengakibatkan kualitas dari pegawai belum maksimal dalam hal aplikasi sistem yang berbasis computer, kurangnya komunikasi antara atasan dengan  bawahan yang disebabkan kurangnya informasi yang diberikan atasan kepada bawahan sehingga bawahan tidak mengerti akan tugas – tugas yang diberikan, masih terbatasnya kemampuan pegawai yang belum maksimal dalam hal aplikasi yang berbasis komputer,  kinerja belum maksimal terlihat masih adanya komplain dari pengguna jasa Karantina berkaitan dengan pekerjaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 23,3%. Selanjutnya Komunikasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 13,8%. Uji regresi menunjukkan secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara Kualitas Sumber Daya Manusia dan Komunikasi terhadap kinerja pegawai. Besarnya pengaruh kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 24,8%, sisanya 75,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar  penelitian ini. 
Implikasi dalam penelitian ini Variabel Kualitas SDM Setiap pegawai hendaknya dapat bekerja baik secara individu maupun secara kelompok ,variabel Komunikasi setiap pegawai diwajibkan patuh terhadap peraturan yang berlaku sesuai dengan peraturan pemerintah tentang disiplin pegawai, Variabel kinerja pegawai setiap pegawai diharapkan mampu mengerjakan tugas dan pekerjaan yang diberikan pmpinan kepadanya secara profesional dan terukur dan mampu bekerja sendiri. 


 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved