243. PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TANAMAN PANGAN HORTIKULTURA DAN PETERNAKAN KABUPATEN WAY KANAN

 

 

Organisasi merupakan sistem dan kegiatan manusia yang bekerja secara bersama. Sejalan dengan itu, organisasi  dikatakan  sebagai  suatu  koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hirarki otoritas dan tanggungjawab.
Kondisi yang ada di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Peternakan Kabupaten Way Kanan adalah masih adanya pegawai yang bekerja tidak berdasarkan latar belakang pendidikannya sehingga ia tidak menguasai pekerjaannya, masih adanya pegawai yang bermalas-malasan saat bekerja, tidak bersemangat dalam bekerja sehingga mengakibatkan kinerja pegawai menurun yang terlihat dari lambatnya pegawai dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Kompetensi pegawai yang masih rendah terlihat dari masih adanya pegawai yang bekerja tidak berdasarkan latar belakang pendidikannya dan kurangnya pengetahuan tentang pekerjaannya sehingga ia tidak menguasai pekerjaannya. Meningkatkan kinerja organisasi dalam suatu instansi secara keseluruhan harusdimulai dari meningkatkan kinerja individu tiap pegawai dalam instansi. 
 Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory yaitu model pemecahan masalah yang menguraikan masalah dan menjelaskannya berdasarkan data data yang ada. Dalam mengulas secara pendekatan teori dan angka angka yang berhubungan satu dengan lainnya. Dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 56 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Semangat Kerja(X1) dan Kompetensi (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y)sebagai variabel terikat. 
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Semangat Kerja (X1) terhadap Kinerja Pegawai(Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 35,6% yang berarti Semangat Kerja memberikan pengaruh sebesar 35,6% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Kompetensi (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 43,4% yang berarti bahwa Kompetensi memberikan pengaruh sebesar 43,4% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Semangat Kerja (X1), Kompetensi (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,4% yang berarti bahwa Semangat Kerja dan Kompetensi memberikan pengaruh sebesar 54,4% terhadap Kinerja Pegawai.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved