242. PENGARUH PELATIHAN DAN URAIAN TUGAS TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG

       

 

 Realita yang terlihat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang, produktivitas kerja pegawai  belum optimal, indikasi ini salah satunya terlihat dari masih ada target sasaran kinerja yang tidak tercapai sesuai perencanaan. Belum maksimalnya produktivitas kerja ini diduga disebabkan pelatihan yang belum sepenuhnya dapat diaplikasikan pada pelaksaan atau teknis pekerjaan, hal ini disebabkan oleh faktor kondisi realita yang tidak sesuai dengan materi pelatihan tersebut. Permasalahan lainnya adalah pegawai kurang memahami uraian tugas yang melekat pada tupoksinya, hal ini dikarenakan beberapa sebab, yaitu antara lain kurangnya sosialisasi tentang uraian tugas serta ada uraian tugas namun kurang detail sebab hanya disusun berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada unit kerja bukan ditujukan untuk setiap personilnya. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan  dan uraian tugas terhadap produktivitas kerja. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan dan uraian tugas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap produktivitas kerja. 
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 51 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. 
Hasil pengujian hipotesis pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja secara parsial menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja dengan kontribusi sebesar 61,4%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil uraian tugas berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja dengan kontribusi sebesar 50,2%.  Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan pelatihan  dan uraian tugas secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap produktivitas kerja dengan kontribusi sebesar 66,4%, sedangkan sisanya sebesar 33,6% merupakan variasi variabel lain yangtidak diteliti.  

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved