236. PENGARUH PENGAWASAN DAN PENGEMBANGAN KARIRTERHADAPKINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILKABUPATEN LAMPUNG UTARA

 

 

Berdasarkan pengamatan penulis saat pra-survey pada lokasi penelitian, ditemukanfenomena kinerja pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KabupatenLampung Utara terlihat masih belum optimal, hal ini terlihat dari segi pemanfaatanwaktu kerja yang belum maksimal, sehingga masih sering terjadi keterlambatan dalampenyelesaian pekerjaan. Hal ini diyakini sebagai dampak dari pengawasan belumoptimal serta pengembangan karir belum menjadi orientasi bagi pegawai terlihat darisikap pegawai yang hanya mampu menerima keputusan apabila ditempatkan padabidang yang tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh pengawasan dan pengembangan karir terhadap kinerja.Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruhpengawasandanpengembangankarirbaik secara parsial maupun secara simultan terhadapkinerja.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah27 pegawai.Teknikpengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dankuisioner. Metodeanalisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSSversi21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi, uji t, uji Fdanuji koefisien determinasi.
Hasil pengujian hipotesispengaruhpengawasan terhadapkinerjasecara parsialmenunjukkan bahwa pengawasan berpengaruh positif terhadap kinerja dengankontribusi sebesar56,2%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasilpengembangan karirberpengaruh positif  terhadapkinerja dengan kontribusi sebesar50,4%. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan pengawasan danpengembangan karir secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadapkinerja dengan kontribusi sebesar 62,3%, sedangkan sisanya sebesar 37,7%merupakan variasi variabel lain yang tidakditeliti.Implikasi yang dirumuskan dalampenelitian ini adalah: Setiap unusur pimpinan sebaiknya dapat memberikan laporan-laporan dalam kurun periode tertentu, sebagai bukti pelaksanaan fungsi supervisinya,terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing bidang pekerjaan.Pegawai diharapkan untuk mulai membuka wawasan tentang pengembangankarirnya menyadari tentang apa yang akan dituju di masa yang akan datang. Unsurpimpinan sepatutnya bersikap tegas terhadap sikap bawahan yang kurangmenghargai jam kerja di kantor.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved