233. PENGARUH INSENTIF DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KETAHANAN PANGAN, TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI LAMPUNG


2021

DEWI SETIYOWATI



 

 

Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung merupakan salah satu instansi pemerintah yang memiliki tujuan terwujudnya profesionalisme aparatur pemerintah daerah. Oleh sebab itu diperlukan adanya upaya pengembangan kapasitas pegawai yang dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pegawai agar senantiasa dapat sejalan dengan perkembangan tugas pokok dan fungsinya dalam menyelesai-kan pekerjaan yang diembannya. Saat ini, kinerja pegawai pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung masih belum bisa dikatakan optimal, artinya masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi  Tujuan penelitian  dalam tesis ini adalah  untuk mengkaji  pengaruh insentif dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sampling dengan jumlah responden sebanyak 88 pegawai. Analisis dipakai menggunakan analisis kuantitatif dan pengolahan data menggunakan program SPSS. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Insentif berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 47,1%. Selanjutnya Kepemimpinan juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 44,3%. Uji regresi menunjukkan secara bersamasama terdapat pengaruh positif antara insentif dan kepemimpinan terhadap kinerjapegawai.
Besarnya pengaruh kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 56,7%, sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar  penelitian ini. 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved