224. PENGARUH MOTIVASI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG

 

 

Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung dengan menggunakan populasi 75 orang responden pegawai dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. 
Adapun tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung dan ingin mengetahui pengaruh insentif terhadap kinerja pegawai serta ingin melihat pengaruh motivasi dan insentif secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. 
Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuisioner kepada 75 responden, kemudian dilakukan tabulasi data dan analisa data untuk menjawab hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 21. 
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai, hal ini terbukti dari Uji Hipotesis Parsial melalui uji t (tes) sebesar 13,80%, sedangkan insentif ada pengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 2,60%, selanjutnya ada pengaruh motivasi dan insentif secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan hasil perhitungan uji Ftabel sebesar 16,30%. 
Diketahui bahwa pengaruh motivasi (X1) lebih dominan daripada variabel insentif (X2) terhadap kinjerja pegawai Badan Pengelola dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung.


 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved