PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)


2020

ALPI FEBRIYANTO



 

Kepala desa selain menjalankan tugasnya dalam bidang pemerintahan dan bidang pembangunan juga melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang kemasyarakatan. Dalam bidang kemasyarakatan, kepala desa dan perangkat desa berperan aktif dalam menangani tugas dibidang pelayanan publik kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran Kepala Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan  Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan  pelayanan publik dan  faktor-faktor yang menghambat peran Kepala Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan  pelayanan publik.

Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dan primer. Untuk melengkapi data penelitian penulis mengambil data dari kepustakaan yaitu literatur, buku-buku dan melakukan wawancara kepada pihak terkait. Data-data yang diperoleh maka dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk laporan tertulis.

Hasil dari penelitian ini adalah peran kepala desa dalam pelayanan publik di Desa Bagelen sudah terlaksana namun belum maksimal. Dapat dikatakan belum maksimal karena ada perannya yang belum terlaksana yaitu peran evaluator. Serta peran kepala desa dalam pelayanan publik ini tidak berjalan dengan baik karena terkendala beberapa hal diantaranya faktor dari aparaturnya sendiri dan juga kurangnya partisipasi dari masyarakatnya sendiri.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Untuk Pemerintah Desa Bagelen sebaiknya lebih memperhatikan masalah-masalah yang ada di desa terkait partisipasi masyarakat desa yang masih rendah. 

Saran dari penelitian ini adalah Untuk masyarakat Desa Bagelen sebaiknya dapat meningkatkan partipasinya dalam program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa demi mendukung pembangunan desa.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved