Stategi Pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulanbersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksibarang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasaryang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh.Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, makadiperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagisegmen perusahaan dalam menjalankan kegiatanya. Alasan lain yangmenunjukkan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persainganperusahaan pada umumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatgambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan untukmengetahui seberapa efektif pelaksanaan stategi pemasaran yang telah dilakukan.Strategi ini sangat penting bagi PT Sarana Lampung Utama, karena PT saranaLampung Utama saat ini sedang menghadapi beberapa permasalahan, diantaranyaadalah persaingan yang ketat sehingga penjualan aspal curah mengalamipenurunan. Analisa kondisi lingkungan internal dilakukan dengan observasi atauPengamatan langsung ke populasi karyawan PT Sarna Lampung Utama sebanyak6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dandokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah matrik SWOT (Strenghts,Weakness, Opportunities, Threats). Dengan menggunakan hasil analisa kondisi lingkunagn internal daneksternal kemudian disusun matrik SWOT untuk menghasilkan beberapaalternatif strategi. Hasil dari penelitian menghasilkan strategi yaitu : 1)Meningkatkan strategi bisnis dengan pemasok agar stok aspal dapat terpenuhi. 2)Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen serta meningkatkan pelayanan.3) Stategi Penetrasi Pasar yang mengatasi kelemahan yang ada denganmemanfaatkan peuang yang dimiiki PT Sarana Lampung Utama.
Kata Kunci :
©2024 Repository Saburai. All rights reserved