Analisis Strategi Pemasaran PT Sarana Lampung Utama Dalam Menghadapi Kompetitor Penjualan Aspal Curah di Provinsi Lampung.

Stategi Pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan
bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi
barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar
yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh.
Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka
diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi
segmen perusahaan dalam menjalankan kegiatanya. Alasan lain yang
menunjukkan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan
perusahaan pada umumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat
gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan untuk
mengetahui seberapa efektif pelaksanaan stategi pemasaran yang telah dilakukan.
Strategi ini sangat penting bagi PT Sarana Lampung Utama, karena PT sarana
Lampung Utama saat ini sedang menghadapi beberapa permasalahan, diantaranya
adalah persaingan yang ketat sehingga penjualan aspal curah mengalami
penurunan. 
Analisa kondisi lingkungan internal dilakukan dengan observasi atau
Pengamatan langsung ke populasi karyawan PT Sarna Lampung Utama sebanyak
6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah matrik SWOT (Strenghts,
Weakness, Opportunities, Threats). 
Dengan menggunakan hasil analisa kondisi lingkunagn internal dan
eksternal kemudian disusun matrik SWOT untuk menghasilkan beberapa
alternatif strategi. Hasil dari penelitian menghasilkan strategi yaitu : 1)
Meningkatkan strategi bisnis dengan pemasok agar stok aspal dapat terpenuhi. 2)
Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen serta meningkatkan pelayanan.
3) Stategi Penetrasi Pasar yang mengatasi kelemahan yang ada dengan
memanfaatkan peuang yang dimiiki PT Sarana Lampung Utama. 

Kata Kunci : 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved