PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN ASPIRASI HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG


2020

NIA SEPTIANASARI



Komunikasi dirasakan sangat penting dalam segala aspek kehidupan.
Komunikasi mampu meningkatkan keharmonisan kerja dalam organisasi dan
sebaliknya apabila komunikasi tidak efektif maka koordinasi akan terganggu dan
mengakibatkan terganggunya proses pencapaian target dan tujuan dinas.Tujuan
dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap
kinerja pegawai pada bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD
Provinsi Lampung.Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data
sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari jumlah responden sebanyak 30 orang responden pegawai
Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.
Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Nilai F hitung sebesar 51,093, kemudian
nilai F tabel 3,95, ini berarti F hitung > F tabel, sehingga dapat disimpulkan
bahwa Komunikasi (X) berpengaruh terhadap Kinerja (Y) pada Bagian Aspirasi
Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Persamaan regresi
adalah sebesar Y =0,598+ 0,825X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari
variabel Komunikasi akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,803
point. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.645 artinya sebesar 64,50 % variasi
perubahan variabel Komunikasi sedangkan sisanya dijelaskan  oleh variabel lain
diluar dari variabel penelitian ini. 
 
Kata Kunci :  


©2024 Repository Saburai. All rights reserved