ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK TAMIN DI BANDAR LAMPUNG

 
       Pelayanan kefarmasian di apotek meliputi penampilan apotek, keramahan
petugas, pelayanan obat, ketersediaan obat dan kecepatan pelayanan merupakan
faktor utama dalam pencapaian loyalitas terhadap kosnumen.  Dilihat dari segi
pemasaran, kualitas pelayanan yang baik memerlukan suatu umpan balik dari
masyarakat (konsumen Apotek) sehingga dapat dikembangkan dan diketahui
faktor-faktor yang dapat memenuhi kepuasan konsumen yang bersangkutan
sehingga apa yang menjadi misi dan tujuan apotek dapat dicapai. Kualitas
pelayanan di Apotek Tamin saat ini hanya melaksanakan transaksi penjualan
produk saja dan tidak ada pelayanan lainnya seperti penjelasan suatu kegunaan
produk, tidak adanya jasa pemeriksaan kesehatan, dan kurangnya kehadiran
Apoteker setiap hari .
       Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui profil responden penelitian yang
menjadi konsumen di Apotek Tamin, tingkat keputusan pembelian terhadap
pelayanan yang diberikan oleh Apotek. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti telah
melaksanakan penjaringan data kepada 25 orang yang menjadi sampel penelitian
yang menjadi konsumen Apotek Tamin, Penelitian ini menggunakan Metode jenis
penelitianiKuantitatif. Berdasarkan dari 25 responden diperoleh rata rata untuk
variabel keputusan pembelian mayoritas responden menjawab kearah positif, yaitu
yang menjawab Sangat Setuju (SS)  sebesar 11,1 %, yang menjawab Setuju (S)
sebesar 60,3 %, yang menjawab Ragu-ragu (N) sebesar 19,9 %,  selebihnya yang
menjawab tidak setuju sebanyak 8,7 %. 
       Dari Hasil Uji Validitas disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan dan
Keputusan Pembelian memiliki nilai rhitung
 > rtabel  
(0,413) dan memiliki nilai
positif. Demikian dengan butir pernyataan pada kedua variabel penelitian yang
dikemukakan kepada sampel penelitian diakui valid. Uji Reliabilitas disimpulkan
bahwa tiap-tiap variabel mempunyai nilai Cronbach Alpha > 0,70. Dengan begitu,
Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian dapat dinyatakan reliabel. 
Kata kunci: 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved