Pelayanan kefarmasian di apotek meliputi penampilan apotek, keramahanpetugas, pelayanan obat, ketersediaan obat dan kecepatan pelayanan merupakanfaktor utama dalam pencapaian loyalitas terhadap kosnumen. Dilihat dari segipemasaran, kualitas pelayanan yang baik memerlukan suatu umpan balik darimasyarakat (konsumen Apotek) sehingga dapat dikembangkan dan diketahuifaktor-faktor yang dapat memenuhi kepuasan konsumen yang bersangkutansehingga apa yang menjadi misi dan tujuan apotek dapat dicapai. Kualitaspelayanan di Apotek Tamin saat ini hanya melaksanakan transaksi penjualanproduk saja dan tidak ada pelayanan lainnya seperti penjelasan suatu kegunaanproduk, tidak adanya jasa pemeriksaan kesehatan, dan kurangnya kehadiranApoteker setiap hari . Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui profil responden penelitian yangmenjadi konsumen di Apotek Tamin, tingkat keputusan pembelian terhadappelayanan yang diberikan oleh Apotek. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti telahmelaksanakan penjaringan data kepada 25 orang yang menjadi sampel penelitianyang menjadi konsumen Apotek Tamin, Penelitian ini menggunakan Metode jenispenelitianiKuantitatif. Berdasarkan dari 25 responden diperoleh rata rata untukvariabel keputusan pembelian mayoritas responden menjawab kearah positif, yaituyang menjawab Sangat Setuju (SS) sebesar 11,1 %, yang menjawab Setuju (S)sebesar 60,3 %, yang menjawab Ragu-ragu (N) sebesar 19,9 %, selebihnya yangmenjawab tidak setuju sebanyak 8,7 %. Dari Hasil Uji Validitas disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan danKeputusan Pembelian memiliki nilai rhitung > rtabel (0,413) dan memiliki nilaipositif. Demikian dengan butir pernyataan pada kedua variabel penelitian yangdikemukakan kepada sampel penelitian diakui valid. Uji Reliabilitas disimpulkanbahwa tiap-tiap variabel mempunyai nilai Cronbach Alpha > 0,70. Dengan begitu,Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian dapat dinyatakan reliabel. Kata kunci:
©2024 Repository Saburai. All rights reserved