Permasalahan dalam penelitian berupa pelayanan yang diberikan fakultasekonomi yang masih kurang memuaskan bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan FakultasEkonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi dan quisioner. Sampel dalam penelitian ini diambilberdasarkan dari mahasiswa aktif dari angkatan 2017 sampai dengan angkatan2020. Untuk menentukan ukuran jumlah sampel yang dibutuhkan sebagairesponden penulis mengambil sampel sebanyak 10 % dari populasi yaitu sebanyak75 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan indeks kepuasaan mahasiswa terhadapDimensi Berwujud (Tangibles) yang terdiri dari dua pernyataan yaitu Ruangkuliah tertata dengan bersih dan rapih dan sarana pembelajaran yang tersedia diruang kuliah sebesar 3,82 dikategorikan Sangat Puas karena indeks rata-rata yangdiperoleh berada pada kategori 3,28 – 4,03. Indeks kepuasaan mahasiswaberkenaan Dimensi Keandalan (Reliability) yang terdiri atas pernyataan Dosendating tepat waktu dan Kemampuan staf akademik untuk melayani administrasikemahasiswan, rata-rata indeksnya adalah. 3.52 dapat dikategorikan Puas karena indeks rata-rata yang diperoleh berada pada kategori 2,27-3,01. Indekskepuasaan mahasiswa berkenaan Dimensi Daya Tanggap (Responsivenesss ) yangterdiri atas pernyataan Fakultas menyediakan menyediakan beasiswa bagimahasiswa yang tidak mampu dan fakultas cepat tanggap dengan keluhanmahasiswa mengenai perkuliahan diketahui rata-rata indeks adalah 3,49. dapatdikategorikan Sangat Puas. Indeks kepuasaan mahasiswa berkenaan DimensiJaminan (Assurance) yang terdiri atas pernyataan Staf administrasi akademiksantun dalam memberikan pelayanan dan Waktu dipergunakan secara efektif olehdosen dalam proses pengajaran Adapun rata-rata indeksnya adalah 3,92.dikategorikan Sangat Puas karena indeks rata-rata yang diperoleh berada padakategori 3,28 – 4,03 dan indeks kepuasaan mahasiswa berkenaan dimensi empati(emphaty), untuk mengukur pemahaman karyawan terhadap kebutuhanmahasiswa serta perhatian yang diberikan oleh karyawan. Adapun rata-rataindeksnya adalah 3,61. Sesuai dengan hasil survei tersebut, secara umum dimensiemphaty Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dapatdikategorikan Sangat Puas karena indeks rata-rata yang diperoleh berada padakategori 3,28 – 4,03
Kata Kunci :
©2024 Repository Saburai. All rights reserved