PENGARUH INDEKS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SANG BUMI RUWA JURAI

Permasalahan dalam penelitian  berupa pelayanan yang diberikan fakultas
ekonomi yang masih kurang memuaskan bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini  
untuk mengetahui  Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas
Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.  Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan quisioner.  Sampel dalam penelitian ini diambil
berdasarkan dari mahasiswa aktif dari angkatan 2017 sampai dengan angkatan
2020. Untuk menentukan ukuran jumlah sampel yang dibutuhkan sebagai
responden penulis mengambil sampel sebanyak 10 % dari populasi yaitu sebanyak
75 mahasiswa. 
Hasil penelitian menunjukkan indeks kepuasaan mahasiswa  terhadap
Dimensi Berwujud (Tangibles) yang terdiri dari dua pernyataan  yaitu  Ruang
kuliah tertata dengan bersih dan rapih dan sarana pembelajaran yang tersedia di
ruang kuliah sebesar 3,82 dikategorikan  Sangat Puas karena indeks rata-rata yang
diperoleh berada pada kategori 3,28 – 4,03. Indeks kepuasaan mahasiswa
berkenaan Dimensi Keandalan (Reliability) yang terdiri atas pernyataan Dosen
dating tepat waktu dan Kemampuan staf akademik untuk melayani administrasi
kemahasiswan, rata-rata indeksnya adalah. 3.52     dapat dikategorikan  Puas 
karena indeks rata-rata yang diperoleh berada pada kategori 2,27-3,01. Indeks
kepuasaan mahasiswa berkenaan Dimensi Daya Tanggap (Responsivenesss ) yang
terdiri atas pernyataan Fakultas menyediakan menyediakan beasiswa bagi
mahasiswa yang tidak mampu dan  fakultas cepat tanggap dengan keluhan
mahasiswa mengenai perkuliahan diketahui rata-rata indeks adalah 3,49.  dapat
dikategorikan  Sangat Puas. Indeks kepuasaan mahasiswa berkenaan Dimensi
Jaminan (Assurance) yang terdiri atas pernyataan Staf administrasi akademik
santun dalam memberikan pelayanan dan Waktu dipergunakan secara efektif oleh
dosen dalam proses pengajaran  Adapun rata-rata indeksnya adalah 3,92.
dikategorikan  Sangat Puas karena indeks rata-rata yang diperoleh berada pada
kategori  3,28 – 4,03 dan indeks kepuasaan mahasiswa berkenaan dimensi empati
(emphaty), untuk mengukur pemahaman karyawan terhadap kebutuhan
mahasiswa serta perhatian yang diberikan oleh karyawan. Adapun rata-rata
indeksnya adalah  3,61. Sesuai dengan hasil survei tersebut, secara umum dimensi
emphaty Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai  dapat
dikategorikan Sangat Puas karena indeks rata-rata yang diperoleh berada pada
kategori 3,28 – 4,03

Kata Kunci :  


©2024 Repository Saburai. All rights reserved