ANALISISKUALITASPELAYANAN TERHADAP KEPUASANPENUMPANG KERETA API STASIUN TANJUNGKARANG


2021

INGGIT DWI HANDOKO



Permasalahan dalam penelitian ini banyaknya keluhan konsumenmengenai kualitas pelayanan Kereta Api  seperti : Terlambatnya waktukeberangkatan dan tibanya kereta di stasiun, Tidak ada informasi jika kereta apiakan datang terlambat di stasiun, Toilet kurang bersih/bau, Petugas loket kurangramah, Sistem pembelian tiket online sering gangguan serta kurang komunikasiantara petugas dengan penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah  untukkualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api  StasiunTanjungkarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakanmetode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yangdigunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi dan quisioner. sampel yang digunakan dalampenelitian ini berjumlah 99 penumpang Kereta Api Stasiun Tanjungkarang.
Hasil pengujian Pengaruh pelayanan    terhadap kepuasan penumpangpegawai  diperoeleh melalui perhitungan uji t. Nilai t
tabel
padaN=99danα=0,05 diperoleh t
tabel
hitung
sebesar5.758dan t
= 1,660dan tingkat signifikansisebesar 0,00, dengan demikian t
hitung
> t
atau 5.758> 1,660dan tingkatsignifikansi sebesar 0,00 < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima.Hal ini berartipelayanan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasanpenumpang Kereta Api Stasiun Tanjungkarang. Pengaruh nyata pengaruhpelayanan  terhadap kepuasan penumpang    dapat ditunjukkan dengan nilai Rsquare= 0,255 atau sebesar 25,5%sedangkan sisanya sebesar 74,5 % dipengaruhioleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
tabel
Kata Kunci 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved