ANALISIS YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN(Studi Kasus Perkara Nomor :14/Pid.SusAnak/2019/PN.Tjk)


2020

WANDA ARISTA



 

Tindakpidanapencuriantidakhanya di lakukanolehorangdewasa saja akantetapitindakpidanapencurian juga di lakukanolehanak. Hal ini menjukan Metode, pendekatanmasalahmenggunakanpendekatanyurdisnormatif dan pendekatanyuridisempiris.Jenis data yaitu data primer dan data sekunder.Pengumpulan data denganstudipustaka, studilapangan. PengolahanDewasainitindakpidana pencuriantidakhanyadilakukan oleh orang dewasasajaakantetapitindakpidana pencurian juga dilakukan oleh anak. Hal inimenunjukanbahwaanak-anak yang seharusnyabelummengenaltentang dunia kejahatantelahmampu melakukan tindakan tercela yaitu mencuri. PermasalahanBagaimanadasarpertimbangan hakim dalammemutus Perkara Nomor14/ Pid.Sus-Anak/2019/PN.Tjk? Apa akibat hukum dari putusan hakim pada perkara nomor 14/Pid.Sus-Anak/2019/PN.TjK

Hasil penelitianmenyimpulkanPertimbanganHukum Hakim dalamMenjatuhkanPutusanPerkaraNomor 14/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Tjkpertimbanganhukumsangatdiperlukan oleh hakim dalammenjatuhkanputusankepadaterdakwa. Dalammengambilkeputusan hakim hendaknyalebihmempertimbangkandenganpenuhketelitian, kecermatansertapenguasaan yang mendalamtentangkasusposisinyakarenaputusan hakim merupakanmahkota dan puncakpencerminannilai-nilaikeadilan dan kebenaran.Akibatbagi HK sebagaipelakutindakpidanapencuriandenganpemberatanadalahdengandijatuhkanpidanaterhadapdirinyasesuaidengantuntutanjaksapenuntutumum, berdasarkanbukti-bukti yang adadipersidangan dan keyakinan hakim terhadapperbuatanterdakwasebagaipelaludaritindakpidanapencuriandenganpemberatan. Oleh karenaitu HK dipidanaselama 2 (dua) tahun (4) bulansebagaikonsekuensidariperbuatannyatersebut.

Saran, bagi orang tua, agar tetapmemberikanperhatiankepadaanakmeskipintelahberceraikarenaseseorang pada usiaanakmasihmemerlukanperhatian dan bimbingandari orang tuaBagi hakim dalam halmemberikan pertimbangan hukum lebih mengutamakan asas-asas perlindungan terhadap anakmeskipunanaktersebuttelahmelakukantindakpidanayangbtergolongberat.    


©2024 Repository Saburai. All rights reserved