PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2019

YOGA PRATAMA DIPUTRA



ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

Oleh

 

 

 

YOGA PRATAMA DIPUTRA

 

 

 

 

Motivasi kerja merujuk pada pencapaian tujuan organisasi dengan fokus perilaku yang berkaitan dengan kinerja dan pada akhirnya motivasi sebagai proses pemuasan kebutuhan. Motivasi penting sebagai dorongan seseorang dalam menghasilkan suatu karya baik bagi diri sendiri maupun bagi organisasi. Motivasi juga harus lahir dari dalam jiwa pimpinan dalam organisasi dalam mengarahkan para pegawai. Maka dari itu hubungan antar pimpinan dan pegawai harus bersinergi dengan baik untuk menumbuhkan kinerja yang baik juga dalam organisasi. Lingkungan kerja yang baik akan melahirkan motivasi yang membangkitkan   dan   mengarahkan,   sehingga   berdampak   baik   bagi   kinerja pegawai. Maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi  Terhadap  Kinerja  Pegawai  di  Biro  Perlengkapan  Sekretariat Daerah Provinsi Lampung.”

Dengan teori Motivasi menurut pendapat Handoko (2011) yaitu keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu   guna   mencapai   tujuan.   Menurut   Mangkunegara   (2013),   kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Penelitian ini dilakukan di Biro Perlengkapan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung  selama  bulan  Juni  hingga  Agustus  2019,  yang  beralamatkan  di  Jl. Wolter Monginsidi No. 69, Sumur Putri, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung.

Hasil Penelitian didapatkan Motivasi memiliki pengaruh yang besar yaitu sebesar 73.6% terhadap  Kinerja  pada Pegawai  Biro  Perlengkapan  Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. Dari pengolahan data juga didapatkan bahwa masih ada variabel lain tetapi tidak begitu besar pengaruhnya yang belum dimasukkan tetapi memiliki pengaruh pada Kinerja sebesar 26.4%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved